BI Kepri dan Lantamal IV Optimalkan Pengedaran Rupiah di Pulau Terluar - Alreinamedia.com BI Kepri dan Lantamal IV Optimalkan Pengedaran Rupiah di Pulau Terluar - Alreinamedia.com
BI Kepri dan Lantamal IV Optimalkan Pengedaran Rupiah di Pulau Terluar

BI Kepri dan Lantamal IV Optimalkan Pengedaran Rupiah di Pulau Terluar

Alreinamedia.com, Tanjungpinang — Kepala Perwakilan BI Kepri Gusti Raizal menerima tamu kehormatan sekaligus mitra dan stakeholders utama yaitu Danlantamal IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno.

Pertemuan strategis yang dibarengi dengan coffee morning itu diawali dengan penyampaian apresiasi dari Bank Indonesia atas kerjasama dan dukungan TNI AL terhadap kegiatan pengedaran uang Rupiah diantaranya ke 5 pulau terluar di Kepri (Jemaja, Tarempa, Ranai, Sakatung, dan Subi) di wilayah Kepri.

Pertemuan juga membahas mengenai upaya bersama yang perlu dilakukan dalam rangka memulihkan perekonomian Kepri yang kini kian melambat, Kegiatan berlangsung di Batam Center (Rabu 5/7 2017).

Danlantamal IV Laksma TNI R. Eko Suyatno menyebutkan, kegiatan dimanfaatkan untuk mencari solusi dan membantu Pemerintah Daerah Kepri untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi.

“Hal ini juga dikhususkan pada industri pertahanan matra laut dan berkembangnya industri Shipyard di Provinsi Kepri,” ujar Danlantamal IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno.

Kedua pimpinan yang menggawangi lembaga penting di daerah menyepakati bahwa untuk memulihkan perekonomian Kepri yang tercatat hanya tumbuh 2,02% (yoy) pada triwulan I lalu diperlukan kepedulian, kerjasama, dan kolaborasi yang solid antar pengampu keputusan di Kepri.

Sumber pertumbuhan ekonomi baru yaitu penguatan sektor maritim dan dukungan optimal bagi pengembangan potensi pulau-pulau terluar serta kawasan hinterland merupakan opsi yang dapat digali guna memberi kontribusi lebih dalam ekonomi Kepri.

Untuk itu, kedua pimpinan tersebut juga kembali menjajaki peluang untuk saling dukung dalam kerjasama pengedaran uang Rupiah menjangkau daerah perbatasan dan pulau terluar di Kepri yang dilakukan melalui kerjasama regional antara Kantor Perwakilan BI Kepri dan Lantamal IV Tanjungpinang menjelang HUT RI ke 72 Agustus mendatang.

“TNI AL senantiasa siap sedia mendukung, mengamankan, dan menyukseskan pengedaran uang Rupiah ke seluruh pelosok wilayah di Indonesia bekerja sama dengan BI”, kata Eko.

Senada, Kepala Perwakilan BI Kepri Gusti Raizal
mengatakan, BI tentu akan berterima kasih apabila dukungan transportasi uang Rupiah menggunakan KRI beserta Alutsista dan prajurit TNI AL dapat terus siaga dalam membantu menjaga kedaulatan Rupiah dan wilayah RI khususnya di seluruh Kepri.

“Kami berterima kasih dengan adanya dukungan transportasi menggunakan KRI,” ungkap Gusti Raizal, Rabu (5/7/2017).

Disampaikan pula, di tengah merosotnya permintaan terhadap industri yang sempat menjadi primadona di Kepri, yaitu galangan kapal, TNI AL sesuai dengan instruksi presiden melalui paket kebijakanmya, secara transparan dan sesuai prosedur memberikan dorongan melalui pemesanan produksi kapal di industri galangan Kepri.

“Bi turut mendukung, meski tidak bisa menggantikan permintaan seperti sedia kala, permintaan dari TNI AL setidaknya memberikan kontribusi bagi sektor industri tersebut dan bagi ekonomi Kepri,” pungkasnya. (Erwin/R)

 

BERITA TERKINI