Rekaman Mengerikan Gempa Palu Menunjukkan Ombak Besar Menerjang Daratan

  • Whatsapp

PALU – Rekaman video yang menunjukkan gelombang besar menabrak di sekitar daerah pantai Donggala, Palu, Sulawesi tengah, telah memicu ketakutan tsunami setelah gempa besar mengguncang wilayah itu. 

Dalam rekaman itu, terlihat ombak sangat kuat ke arah daratan, kemudian kamera berubah menjadi kerumunan orang yang berteriak dan berlari dengan panik.

Read More

Air mengalir deras ke arah daratan setelah itu segalanya menjadi gelap, dengan suara orang-orang yang panik terdengar di latar belakang.

Beberapa saat kemudian, kamera memfokuskan kembali ke aliran air yang membawa potongan puing-puing bersamanya.

Rangkaian gempa menerjang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Rangkaiannya dimulai dengan gempa bermagnitudo 6 dengan pusat gempa di 2 km arah utara Kota Donggala pada kedalaman 10 km pada Jumat, 28 September 2018, pukul 14.00 WIB.

Sejumlah rangkaian gempa kemudian bersahutan. Yang paling besar sejauh ini adalah gempa dengan magnitudo 7,7, pukul 17:02:45 WIB. Gempa itu sempat memicu peringatan dini tsunami, namun kemudian dinyatakan berakhir.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak akibat gempa tersebut.

Sementara lanjutnya, daerah terparah di Kecamatan Sinreja Kabupaten Donggala didekat pusat gempa.

“Gempa susulan masih terus terjadi,” ungkap Sutopo.

  • Whatsapp

Related posts