Siap Amankan Pemilu, Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang 2018 Dimulai

  • Whatsapp
Personil Polres Solok Kota simulasikan pengamanan Pileg dan Pemilu 2019 di Lapangan Apel Mapolres Solok Kota. (Foto: dok).

alreinamedia.com, Solok – Sebanyak 300 personil gabungan di siapsiagakan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang 2018 untuk Pengamanan Pemilu 2019. Ratusan personil tersebut terdiri dari 1 pleton personil Kodim 0309 Solok, 1 pleton Dalmas, 1 pleton Sat Lantas, 1 pleton Bhabinkamtibmas, 1 pleton gabungan Reskrim Intel, 1pleton Sat Pol PP, 1 pleton Damkar dan 1 pleton Linmas.

“Operasi Mantap Brata ini untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang kondusif saat pilpres. Kita tingkatkan sinergi Polri dan Polri dengan instansi terkait,” kata Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan, usai menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan peserta apel, serta membacakan amanat Kapolri, Rabu (20/9/2018).

Read More

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang 2018. (Foto: Ist)

Dony mengatakan, sesuai amanat Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, apel gelar pasukan ini dilakukan disemua jajaran kepolisian di Indonesia guna mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan dalam pengamanan pemilu 2019 yang aman, lancar dan damai.

Dony menyebutkan, Pemilu 2019 punya kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan serentak dengan ambang batas parlemen atau parlementary threshold sebesar 4%.

“Kondisi ini akan menuntut adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya,” kata Dony.

Dony mengatakan, operasi kepolisian terpusat ini menggunakan sandi “Mantap Brata 2018” yang melibatkan stakeholder terkait.

Untuk pelaksanaannya, kata Dony, bakal dilaksanakan selama 397 hari, terhitung tanggal 20 September 2018 sampai 21 oktober 2019, diseluruh Indonesia dengan total 272.886 personil Polri.

“Kapolri menekankan untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pemilu 2019 uang aman lancar dan damai,” kata Dony.

Adapun penekanan Kapolri untuk dilaksanakan dijajarannya yakni sebagai berikut:

– Perkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan pemilu yang aman, lancar dan damai.

– Jaga netralitas Polri dan TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan pemilu.

– Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penangganan secara dini.

– Dorongan seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, Media, Tokoh masyarakat serta pengawas pemilu indenpenden untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

– Gelorakan deklarasi pemilu damai dmasing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

– Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi.

– Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu yang diselenggarakan melalui sentra gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Disamping itu, Kapolres juga meresmikan akses pengaduan masyarakat Sentra Penegakan Hukum Terpadu Kota Solok.

Ada juga penampilan drama dan pembacaan puisi tentang pendidikan politik dari mahasiswa, simulasi kesiapan pengamanan Pemilu, deklarasi netralitas ASN, sinergitas TNI dan Polri dan deklarasi pemilu damai.

Apel gelar pasukan dihadiri Walikota Solok H.Zul Elfian SH M.Si, Dandim 0309 Solok diwakili Kapten Inf Baskir, Ketua PN Solok Doni Dortmund, Kejari Solok Aliansyah, Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil Handhika, Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, Ketua KPU Kab. Solok Gadis, Ketua Bawaslu Kab Solok Afri Memory, Ketua MUI Kota Solok Afrizal Thaib, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Dansubden POM Solok Lettu Cpm Taufik dan Ketua Parpol se-Kota Solok dan se-Kab Solok.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Chandra Adi Putra

Related posts