Erdogan Tegaskan Takkan Lagi Menerima Bantuan IMF

  • Whatsapp

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (7/10/2018) menyatakan tidak akan lagi menerima bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF). Turki telah melunasi seluruh utangnya kepada lembaga peminjaman internasional itu pada 2013.

“Turki menutup bab IMF untuk tidak membukanya lagi,” kata Erdogan saaqt berpidato dalam rapat Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di Ankara, Turki, dikutip dari  Anadolu, Senin (8/10).

Read More

Erdogan menambahkan Turki saat ini jauh dari membutuhkan pinjaman atau bantuan teknis dari IMF.

Sebelumnya dikesempatan yang sama, Menteri Keuangan Berat Albayrak mengatakan bahwa ekonomi Turki sedang dalam proses stabilisasi.

Ia menekankan rasio utang terhadap PDB Turki cukup rendah yakni mencapai 28 persen. Demikian pula dengan rasio utang rumah tangga yang mencapai 16 persen. 

“Disiplin anggaran, yang telah menjadi salah satu keberhasilan ekonomi terbesar dalam 16 tahun pemerintahan Partai AK,’ ujarnya.

Albayrak juga membahas langkah-langkah pemerintah terhadap serangan spekulatif terhadap ekonomi Turki dalam dua bulan terakhir

Ia mengatakan perekonomian Turki telah memasuki proses keseimbangan, Albayrak mengacu pada defisit transaksi berjalan negara itu yang menurun dan meningkatnya ekspor neto.

  • Whatsapp

Related posts