Ini Tarif UWTO Rumah Anda, Perka Nomor 1 Tahun 2017 – Jenis dan Tarif Layanan Kantor Pengelolaan Lahan

  • Whatsapp

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar rapat tertutup dengan Kapolda Kepri, Pemerintah Provinsi Kepri dan sejumlah pengusaha di Kota Batam, Senin (17/10/2016) sore hingga malam.

Hasilnya cukup menyegarkan, dimana BP Batam akan menerbitkan Peraturan Kepala (Perkap) BP Batam yang menjelaskan bahwa tarif Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) terbaru termurah mulai Rp 15.000 per meter hingga Rp 89.000 per meter.

Read More

Hasil rapat juga disampaikan seluruh wartawan, yang memang telah menunggu hingga tiga jam lebih. Pentingnya hasil rapat ini, karena sejak pemberitaan yang menjelaskan kalau tarif UWTO naik hingga puluhan juta, mendapat pertentangan dari pengusaha property dan kalangan pemerhati masyarakat.

Turunan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 148 tahun 2016, rencananya akan ditandatangani Kepala BP Batam, Hatanto Reksodiputro, Senin (17/10/2016) malam, dan akan diumumkan tarifnya pada Selasa (18/10/2016) pagi. Informasinya bisa diklik di www.bpbatam.go.id

” Perlakuan besaran tarif UWTO itu per kelurahan di Kota Batam. Beda kelurahan beda harga tarif UWTOnya. Termurah di Kelurahan Tanjung Piayu Batam sekitar Rp 15.000 dan termahal di Teluk Tering Batam Centre hingga Rp 89,000 per meter. Tentu informasi ini jauh dari kekhawatiran kalangan asosiasi pengusaha,” ujar Hatanto, didampingi Kapolda Kepri Sam Budigusdian.

Diatur juga, tarif lahan kategori rumah ini dikatakan tidak naik. Cuma ada perbedaan tarif untuk rumah sederhana dan rumah kelas menengah. Begitupun untuk apartemen, terbagi menjadi apartemen sederhana dan apartemen mewah.

Sedangkan penetapan tarif perpanjangan lahan untuk kawasan industri, Hatanto menegaskan, juga akan diberlakukan public policy. Jika tidak memenuhi unsur lingkungan (hijau) harga lahannya memang akan ditinggikan.

Sementara bagi kawasan industri yang memiliki kategori bersih, mendatangkan lapangan kerja dan memberikan pendapatan kerja yang lebih baik, akan diberikan insentif.

Untuk toko, dan ruko, tarifnya tidak tertinggi. Kalau di PMK kan tertinggi sekitar Rp6 jutaan untuk perpanjangan, namun pada Perka nanti cuma Rp300 ribuan.


Perubahan atas peraturan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam nomor 19 tahun 2016 tentang jenis tarif layanan pada kantor pegelolaan lahan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.


Perka Nomor 1 Tahun 2017

Lampiran 1

Lampiran 2

 

 

 

Sumber : BP Batam / WK /

Related posts