Shakhtar vs City: The Citizens Bungkam Tuan Rumah 3-0

  • Whatsapp

Kharkiv – Manchester City pulang dari lawatannya ke markas Shakhtar Donetsk dengan poin penuh. City memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0.

Dalam pertandingan matchday 3 Liga Champions di OSK Metalist Stadion, Rabu (24/10) dini hari WIB, City tampil dominan sejak awal. Mereka menutup babak pertama dengan keunggulan dua gol berkat David Silva dan Aymeric Laporte.

Read More

Di paruh kedua, dominasi City berlanjut. Mereka kemudian menambah gol lewat sepakan Bernardo Silva.

Dengan hasil ini, City memuncaki klasemen Grup F dengan enam poin dari tiga pertandingan. Sementara Shakhtar ada di urutan ketiga dengan dua poin.

Jalannya Pertandingan

City langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal. David Silva mencoba melepaskan tembakan akrobatik dari sudut sempit, namun bola melambung di atas mistar gawang.

City melancarkan serangan balik setelah sepak pojok Shakhtar dihalau barisan pertahanan tim tamu. Umpan lambung Raheem Sterling jatuh ke kaki Riyad Mahrez. Namun penyelesaian akhir Mahrez masih melebar dari gawang Shakhtar.

Mahrez kembali dapat peluang tapi tak menghasilkan gol. Kali ini tendangannya diblok oleh Yaroslav Rakitskiy.

Shakhtar bukan tanpa peluang. Maycon menyundul bola meneruskan sebuah sepak pojok. Namun bola melambung di atas mistar gawang.

City nyaris mencetak gol di menit ke-28. Umpan silang Mahrez dari sisi kanan disambar oleh Silva yang ada di kotak penalti. Sial bagi City, bola sepakan Silva membentur tiang gawang. Gabriel Jesus juga gagal memanfaatkan bola muntah.

Setelah beberapa kali memberi ancaman, City membuka keunggulan di menit ke-30. David Silva menyambar bola muntah hasil tendangan Gabriel Jesus yang diblok di dalam kotak penalti. Bola tendangan Silva meluncur ke gawang Shakhtar.

Berselang lima menit, City menambah keunggulan. Aymeric Laporte menjebol gawang Shakhtar lewat sundulan usai memanfaatkan sepak pojok Kevin De Bruyne.

Memasuki babak kedua, Shakhtar sempat memberi ancaman ke gawang City. Namun tembakan Ismaily digagalkan oleh Ederson.

Mahrez kembali menyia-nyiakan peluang yang didapatnya. Tembakannya dari dalam kotak penalti masih menyamping dari gawang.

City menambah gol di menit ke-70. Bernardo Silva yang baru dimasukkan di menit ke-69 langsung mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini berawal dari sebuah serangan balik setelah pemain Shakhtar kehilangan bola di area permainan City. Mahrez yang ada di sisi kanan mengoper bola kepada Bernardo yang kemudian menggiring bola hingga ke depan kotak penalti Shakhtar. Pemain Portugal itu langsung melepaskan tembakan jitu yang mengarah ke pojok kiri gawang Shakhtar.

Sterling nyaris menambah keunggulan City di menit-menit akhir laga. Sial bagi City, sepakan Sterling menerpa mistar gawang.

Di masa injury time, Shakhtar dapat kesempatan bagus untuk mencetak gol usai mendapat tendangan bebas di dekat kotak penalti City. Tendangan bebas tersebut menciptakan kemelut di depan gawang City usai bola ditepis oleh Ederson. Junior Moraes yang ada di depan gawang mencoba menyambar bola, namun Ederson masih sigap mengamankan bola.

Itu jadi peluang terakhir dalam pertandingan tersebut. Tak lama berselang, wasit meniup peluit tanda pertandingan usai.

Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk: Pyatov, Kryvtsov, Matvyenko, Ismaily, Rakitskiy, Stepanenko, Nem (Bolbat 69′), Kovalenko (Patrick 62′), Fernando (Detinho 84′), Maycon, Moraes

Manchester City: Ederson, Laporte, Mendy, Stones (Walker 80′), Otamendi, Fernandinho, De Bruyne (Bernardo Silva 69′), Silva, Mahrez, Sterling, Jesus (Foden 87′). (mb/detik)

Related posts