Longsor di Inhil Rusak Bangunan Rumah dan Jembatan di Inhil Riau

  • Whatsapp

Alreinamedia, Tembilahan – Bencana longsor melanda wilayah Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Akibatnya, sebuah rumah warga dan jalan umum sepanjang 25 meter rusak parah. Musibah yang menimpa warga Lorong Perigi, Kelurahan Kuala Enok itu terjadi pada Selasa (13/11/2018) sekira pukul 00.10 WIB.

Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra mengungkap kronologis musibah yang merusak rumah Abdul Azis Ali Hamid (65) itu bermula saat korban mendengar papan retak. Mengetahui kemungkinan yang terjadi, korban lantas menyelamatkan keluarga dan barang-barang miliknya.

Read More

“Pemiliki rumah sempat mendengar dan menyelamatkan keluarganya,” jelas Kapolres.

Selain rumah dan jalan umum, longsor juga merusak saru unit Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling). Menurutnya, musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai, hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada disepanjang pinggir sungai perigi Kuala Enok.

“Meski demikian tidak terdapat korban jiwa dalam musibah tersebut,” tambahnya.

Saat ini, lanjutnya, tim BPBD Inhil bersama jajaran Kecamatan Tanah Merah dan polsek setempat sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

“Sedangkan warga pemilik rumah yang terkena longsor diungsikan di rumah kerabat dan di rumah masyarakat di sekitar TKP longsor,” pungkasnya. (am/okezone)

Related posts