PPDB SMAN 5 Dibuka Tanggal 1 – 6 Juli 2019

  • Whatsapp

Alreinamedia. Batam — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Batam buka pendaftaran di mulai pada tanggal 1 s/d 6 Juli, 2019. Bagi calon siswa yang hendak mendaftarkan diri sebagai peserta didik di SMA Negeri 5 Batam harus mempersiapkan persyaratan dan kelengkapan jauh sebelumnya.

Read More

Kepala SMA Negeri 5 Batam Bahtiar saat di konfirmasi oleh pewarta di ruang kerjanya, Kamis (27/6/19), menjelaskan bahwa sistem PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) adalah sistem zonasi.

Adapun zonasi SMA Negeri 5 Batam meliputi kelurahan Sagulung Kota dan kelurahan Sungai Lekop, Kecamatan Sagulung.

Sebagai ketentuan dan syarat mendaftarkan bagi PPDB jelas Bahtiar : kita harus mengikuti juknis (petunjuk dan teknis) yang telah di terapkan oleh Menteri Pendidikan dengan sistem zonasi, kemudian siswa mendaftar dengan sistem online, tentang bagaimana sistem itu kita sampai saat ini belum melihat, jelas Bahtiar.

Dalam sistem daftar online yang lebih memahami itu adalah operator, selanjutnya apa bila calon didik mendaftar ke SMA Negeri 5 dalam zonasi maka sistem otomatis akan menerima. Kemudian bila calon didik mendaftarkan ke SMA Negeri 5 Batam di luar zonasi maka otomatis sistem akan menolak kata Baktiar.

Saat di tanya Kepala sekolah oleh walimurid tentang bagaimana menerima siswa di luar sistem zonasi, jawab Baktiar tentu tidak bisa, karena kita harus mengikuti aturan juknis yang telah di terapkan oleh pemerintah. Sehingga kepala sekolah di harapkan jangan melanggar aturan yang telah di buat.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat PPDB di SMA Negeri 5 jauh sebelumnya telah melakukan sosialisasi dengan cara memasang spanduk di dalam dan di luar sekolah. Yang isinya telah tertera dengan jelas apa dan bagaimana cara mendaftarkan anak didik di SMA Negeri 5.

Perlu di ketahui oleh masyarakat tutur Baktiar bahwa kepala sekolah tidak mungkin memasukkan anak dari belakang, itu sudah disampaikan Gubernur dan Kepala Dinas Pendidikan provinsi Kepri, bila masih nekat ya siap – siap untuk di pindah atau di pecat.

PPDB SMAN 5 hanya 10 kelas, total siswa semua 360 orang, dengan tegas Baktiar katakan dan ini tidak akan ada penambahan. Itu standar nasional sistem pendidikan di Indonesia. Saat ini SMA 5 memang tidak bisa lagi menerima lebih dengan alasan karena SMAN 23 masih menumpang di SMA Negeri 5 itu salah satu faktor walaupun sebagian mereka sudah pindah kegedungya tetapi belum mencukupi RKB (Ruang Kelas Baru).

Himbauan kepala sekolah untuk di ketahui bahwa aturan ini adalah merupakan kebijakan nasional oleh pemerintah untuk pemerataan pendidikan, tidak ada sekolah paporid lagi, bila itu masih ada bahasa di masyarakat sekolah paporid artinya pemerintah harus membenahi lagi sekolah yang tidak paporid untuk lebih baik lagi. Sehingga semua sekolah itu sama dengan yang lainya. Walaupun pilihan kehendak anak dengan orang tua berbeda tutup Baktiar. (Ramadan)

Related posts