Anak Pulau Naik Ontel Raih Gelar Doktor, Begini Kisahnya

  • Whatsapp

Alreinamedia.com,BATAM – 43 tahun lalu di Petonggan Air Molek Kecamatan Rakit, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, terlahirlah seorang anak laki -laki dari pasangan Mumammad Nasir (56 ) dan Kasiah ( 51).

Namanya Sudianto, anak pulau yang sangat membanggakan kedua orang tuanya ini terbilang sukses dalam dunia pendidikan. Jauh dari keramaian serta sekolah mewah, tidak menjadi penghalang untuk meraih cita -cita hingga gelar doktor diraihnya.

Read More

DR Sudianto SE.M.Si membuktikannya. Putra kelahiran Petonggan Plantar 2 Air Molek Kecamatan Rakit ini meraih gelar akademik sangat yang memuaskan di Universitas Negeri Jakarta  (UNJ) tahun 2017 lalu. Sudianto pun berhasil mempertahankan Disertasinya yaitu: Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pembunuhan Karier, Budaya Kerja dan Komitmen Terhadap Organisasi di Kepri, dengan IPK 3.75.

Sudianto menceritakan, saat masih kecil jarak dari rumah ke sekolah sejauh 17 kilometer harus ditempuh setiap hari. Karena semangat ingin sekolah sampai pada jenjang yang lebih tinggi, rasa letih itu terabaikan.

“Saya dulu waktu pergi ke sekolah SD sampai SMP, jarak tempuh 17 kilometer dengan naik sepeda Ontel. Karena ingin tetap sekolah tinggi semangat itu terus bergejolak. Prinsip saya harus menjadi tuan di negeri sendiri,” tutur Sudianto, Sabtu (6/7/ 2019) di Batam Center.

Ayah anak satu ini kini menjabat Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pengawasan Tenaga Kerja Propinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang berkantor di Sekupang Kota Batam.

Selain belajar dan belajar, Pria kelahiran 6 Juli 1976 ini juga aktif di organisasi antara lain: Ikatan Pelajar Natulah Ulama (IPNU), PMII, Ansor, NU dan sebagai wakil ketua di KNPI Kepri.

Warga Desa Air Molek ini selalu bersyukur atas kerja kerasnya tidak sia-sia. Anak ke 2 dari 6 bersaudara ini pun  bercita -cita seperti Gurindam 12 pasal 1. Barang Siapa tiada memegang agama, sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama.

“Ya tidak menyangka, saya ini kan hanya anak seorang petani.Tetapi saya yakin, jika ada niat dan kemauan pasti akan diberikan jalan. Dengan pegangan hidup pada Gurindam 12 pasal 1,”

“Saya berpesan pada anak pulau dan tidak mampu agar tetap optimis untuk meraih mimpi dan bersikap positif,” tuturnya.

Biodata :
Nama :Sudianto
TTL:  Petonggan, 6 Juli 1976
Pendidikan:
SD 038 Petonggan Air Molek Riau
SMPN  Petonggan Air Molek Riau
SMAN 2 Tembilahan
S1 Ibnu Sina Batam
S2 UNIBA
S3 Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Karier:
2010 PNS di Pemerintah Kepri
2014 Kasubag Perizinan bagian Pertanahan
2016 Kasubag Pelayanam Publik
2018 UPT Dinas Pengawasan Tenaga kerja
2017 Dosen Ibnu Sina.

Terbitkan buku
1. Pengantar Menejemen Publik,
2. Menejemen Secara Umum dan Pemerintahan
3. Pengawasan Tenaga Kerja

Nikson Juntak

Related posts